Standardisasi dan Sertifikasi Menuju KUMKM Naik Kelas di Yogyakarta - Fyi Jogja

Breaking

For your information Jogja!

Rabu, 24 Juli 2019

Standardisasi dan Sertifikasi Menuju KUMKM Naik Kelas di Yogyakarta




Fyijogja.com – Apakah Anda pernah membeli sebuah smartphone di mall? Saat toko kosong stok smartphone yang ingin Anda beli. Maka, akan dicarikan di tokoh sebelah dengan harga yang sama? Lalu, apa untungnya dari toko yang mencarikan smartphone? Ini adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga harga pasar sebuah smartphone dalam sebuah ekosistem mall. Jika satu toko saling perang harga dengan menjual harga lebih murah yang terjadi adalah persaingan tidak sehat.


Hal tersebut bisa menjadi contoh dalam menjual sebuah produk UMKM. Sebuah produk dengan jenis yang sama harus memperhitungkan harga produksi dan sebaginnya sehingga menemukan harga pasaran yang ideal. Tidak ingin kan harga sebuah produk semakin turun hanya karena ingin mendapatkan pelanggan tanpa memikirkan ongkos produksi.

Rabu, 24 Juli 2019 telah berlangsung Forum Diskusi dengan tema “Standardisasi dan Sertifikasi Menuju KUMKM Naik Kelas” yang berlangsung di Aula SKH Kedaulatan Rakyat Yogyakarta.  FGD yang dihadiri oleh Ibu Victoria Simanungkalit selaku Deputi Produksi dan Pemasaran.

“Sebelum memasuki pasar global, harapanya UMKM sudah melakukan sertifikasi untuk meningkatkan mutu sebuah produk. Kendala-kendala proses sertifikasi dan biaya yang mahal sehingga membuat beberapa produk UMKM masih memiliki standarisasi yang lemah.” Ujar Ibu Victoria Simangungkalit. Kementrian Koperasi dan UKM menyampaikan sudah melakukan fasilitasi.

Dalam dikskusi juga dijelaskan terkait Hak Kekayaan Intelektual sebaiknya dilakukan karena jika sudah lama berkecimpung didalam bisnis, tiba-tiba ada orang yang menggunakan brand yang sudah Anda memiliki. Jadi jika memiliki brand sama yang berhak menggunakan adalah yang sudah sertifikasi. Segera mendaftaran diri untuk Hak Kekayaan Intelektual itu sangat menyangkut produk Anda.



Selain itu, turut hadir Emirita LN Pratiwi selaku Ketua BPD ASHEPHI DIY dan Yanti Sukamta selaku Direjtur Apikri Craft yang melengkapi materi untuk Standardisasi dan Sertifikasi menuju KUMKM Naik Kelas. Di acara ini juga memfasilitasi pendaftaran sertifikasi Hak Cipta bagi Koperasi dan UKM khususnya di wilayah Jogja. Syarat untuk sertifikasi Hak Cipta yaitu omset usaha lebih dari 300 juta pertahun, memiliki KTP atau NPWP, memiliki karya ciptaan seperti seni motif, dan Karya Ciptaan hasil karya sendiri.

Bagaimana dengan Anda? Sudah memiliki karya cipta yang originial dan ingin melakukan pendaftaran sertifikasi segera?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar