Membangun Peradaban Yang Unggul Melalui Masjid - Fyi Jogja

Breaking

For your information Jogja!

Kamis, 31 Oktober 2019

Membangun Peradaban Yang Unggul Melalui Masjid

Foto Bersama Para Tokoh


Jakarta, 17 Oktober 2019. Dalam sejarahnya, masjid adalah pusat peradaban, masjid adalah the centre of excellent nya masyarakat. Masjid bukan sebatas simbol tempat ritual ibadah semata, masjid adalah laboratoriumnya umat muslim yang melahirkan peradaban yang unggul dan beradab. Sebagai lembaga filantropis, Johari Zein Foundation mengambil bagian untuk mewujudkan peradaban di Indonesia melalui masjid.

Masjid adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan keimanan, semakin kuat keimanan seseorang, semakin besar pula perlindungan Allah padanya. Demikian pula halnya, terhadap bangsa yang beriman, maka mereka akan senantiasa dalam lindungan Allah. Dan sesempurna-sempurnanya orang beriman adalah yang paling baik akhlaknya (beradab).

Sejarah mencatat, bangsa Indonesia pernah mencapai peradaban yang tinggi. Namun, sejalan dengan waktu banyak peradaban milik bangsa mulai luntur akibat pengaruh luar yang negatif. Kemiskinan, pembodohan dan perpecahan telah mengkotak-kotakan bangsa.

Maka dari itu, sudah saatnya, Indonesia dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia, menjadi penguat bangunan bangsa, menjadi cahaya bagi semesta raya dan melahirkan generasi yang unggul dan beradab. Salah satunya dengan melalui pemakmuran masjid.

“Kalau sudah mengenal Al-Qur’an, insya Allah kita tidak akan tersesat. Kalau sudah beriman, insya Allah kita tidak berbuat zalim. Dan kalau hendak antarkan kebaikan, insya Allah kita bisa mulai dengan membangun Masjid,” jelas Djohari Zein pendiri Johari Zein Foundation

Karena itu, Johari Zein Foundation bercita-cita membangun, mengembangkan dan memakmurkan 99 masjid di 8 penjuru dunia. Angka 99 diambil dari nama-nama baik Allah (Asmaul Husna) yang berjumlah 99. Dari 99 masjid, saat ini Johari Zein Foundation telah membangun masjid Zeinurrahim di desa Medana Lombok Utara. Sesuai dengan cita-cita tersebut, jika 99 masjid sudah terbangun, Johari Zein Foundation akan kembali membangun 99 masjid lainnya, seperti halnya orang yang sedang berthawaf.

Dalam sambutannya, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh menjelaskan bahwa dirinya sangat senang atas cita-cita yang diinisiasi oleh Johari Zein Foundation. Ia berharap, cita-cita pembangunan tidak berhenti pada 99 masjid, tapi terus bertambah lagi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut juga berharap masjid yang akan dibangun Johari Zein Foundation memiliki empat fungsi masjid. Yaitu, fungsi pendidikan, ekonomi, kesehatan dan peradaban.

"Bukan sekedar membangun masjid biasa, tapi sebagai fungsi peradaban, minimal ada fungsi pendidikan, paling tidak ada PAUD, dan TPQ sehingga anak kecil sudah biasa mengenal Alquran," jelas Muhammad Nuh pada peluncuran Program Indonesia Berseri Johari Zein Foundation di Jakarta (Kamis, 17 Oktober 2019)



“Untuk menyongsong peradaban yang unggul dan beradab di negeri ini, setiap elemen masyarakat perlu terlibat aktif menyiapkannya. Karenanya, Johari Zein foundation sebagai bagian dari elemen masyarakat di negeri ini, terpanggil untuk menyongsong peradaban yang lebih baik melalui masjid. Mari kita ambil bagian dalam menyongsong peradaban yang unggul dan beradab melalui masjid. Untuk itu, kami mengajak orang-orang baik untuk mendukung dan mewujudkan peradaban99 yang berkelanjutan. Bersama-sama kita wujudkan peradaban yang unggul dan berakhlakul karimah melalui masjid,” jelas Fahrul Jamal, ketua Johari Zein Foundation.


Fahrul Jamal melanjutkan melalui kerjasama strategis dengan berbagai pihak, Indonesia Bersedekah Jariah atau yang dikenal dengan Indonesia Berseri diharapkan menjadi jalan terwujudnya pembangunan manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui masjid.

Indonesia Berseri adalah program yang diinisiasi oleh Johari Zein Foundation untuk mendukung pembangunan, pengembangan dan pemakmuran 99 masjid di 8 penjuru dunia.

Untuk menyukseskan program Indonesia Berseri, Johari Zein Foundation membentuk komunitas Relawan Bangun Masjid (RBM). RBM bertujuan untuk menghimpun, menyebarkan, dan mendukung program pembangunan peradaban manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui masjid.

Baca juga artikel Film Animasi Unik Penuh Komedi The Snow Queen: Mirrorlands

Tidak ada komentar:

Posting Komentar